PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen. Salah satu model pembelajaran yang ditawarkan ialah model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posstest control group. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 67,89 dan nilai rata-rata posttest 83,73, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 69.06 dan nilai rata-rata posttest 70,77. Berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen, kemudian berdasarkan uji hipotesis diketahui t0 sebesar 7,67, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan d.b. = n+n-2 = 29 + 31 – 2 = 58, diperoleh taraf signifikan 5% = 2,002. Dengan demikian H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis altenatif) diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap keterampilan menulis cerpen.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 423 timesPDF - 680 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.