PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 80 orang siswa yang diambil dengan teknik sampel bertujuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata siswa kelas eksperimen dari skor pretes sebesar 61,38 meningkat menjadi 71,85. Ratarata skor pretes kelas kontrol adalah 61,21, sedangkan rata-rata postes adalah 65,05. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan saintifik mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan pendekatan konvensional jika diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 232 timesPDF - 380 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.