PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA (Penelitian Etnografi di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta Timur)

Dwi Anita Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berbicara Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 12 Jakarta Timur. Penelitian ini mencakup tujuan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa indonesia, strategi dan metode pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia, materi pembelajaran pada keterampilan berbicara, media yang digunakan pada keterampilan berbicara, pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara, evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara, dan peran guru dan siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dalam bentuk etnografi model Spradley.Hasil penelitian ini menunjukkan (1)tujuan pembelajaran berbicara agar siswa mampu berkomunikasi secara lisan; (2) strategi yang digunakan pembelajaran siswa aktif dengan metode “Kultum”; (3) materi pembelajaran menyangkut kemampuan siswa dalam membahasakan materi; (4) media yang digunakan yaitu media 3D; (5) evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses dan di akhir KBM; (6) guru dan siswa memegang peranan ketika pembelajaran berlangsung.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 652 times
PDF - 5329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.