PENGARUH STRATEGI FORMEANING RESPONSE TERHADAP KEMAMPUAN MENULISPUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI PALEMBANG

Nabella Oktafifah Althaf, Nurhayati Nurhayati, Latifah Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi formeaning response terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa, diberi perlakuan menggunakan strategi formeaning response dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa diberi perlakuan menggunakan strategi konvensional.Untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data menggunakanindependent sampel tes dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 62,69 dan nilai tes akhir sebesar 79,53. Hasil tes awal kelas kontrol sebesar 50,72 dan nilai tes akhir sebesar 64,87 hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 16,84%pada kelas eksperimen dan peningkatan sebesar 14,15%pada kelas kontrol. Hasil analisis data dengan menggunakanindependent sampel tes menunjukkan bahwa t (hitung) > t (tabel) atau5,387>2,002 dengan df = 58 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “ Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi formeaning response dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis puisi (μ1≠μ2)” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi formeaning response lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.