PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MENGELOLA MAJALAH DINDING SDN 04 DAN SDN 10 LAWANG MANDAHILING KABUPATEN TANAH DATAR

Dadi Satria, Afnita Afnita

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru di SDN 04 dan SDN 10 Lawang Mandahiling Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatra Barat. Observasi awal menunjukkan mading tidak lagi dimanfaatkan dan dikelola sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan karena faktor sarana mading yang kurang mendukung dan strategi pengelolaan mading yang kurang inovatif dan kreatif. Menyikapi masalah ini, siswa dan guru dituntut untuk bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan mengelola mading dengan baik sehingga mampu menggerakkan siswa untuk berpartisipasi dalam mengisi mading baik berupa tulisan maupun gambar. Berdasarkan analisis masalah di atas, maka model kegiatan dilakukan dengan: 1) pendampingan teknis bagi siswa dan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pengelolaan mading, 2) pelatihan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas menulis siswa, dan 3) pelatihan pengelolaan dan penerbitan mading bagi siswa dan guru secara berkelanjutan. Metode kegiatan dilakukan dengan (a) memberikan modul pelatihan penulisan dan pengelolaan mading sekolah, (b) menyajikan materi sesuai dengan isi modul, (c) memberikan pelatihan penulisan karya tulis bagi siswa yang didampingi oleh guru, dan (d) memberikan pelatihan penataan mading hasil karya siswa. Target luaran kegiatan adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam menghasilkan karya tulis untuk diterbitkan di mading sekolah, 2) meningkatkan kemampuan siswa dan guru dalam menata dan mengelola mading sekolah dengan baik, 3) menerbitkan mading sekolah secara berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan, dan 4 mempublikasikan karya ilmiah kegiatan pengabdian melalui jurnal ilmiah nasional.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 425 times
PDF - 1724 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.