PENGUATAN PENDIDIKAN BERKARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI NILAI MORAL PADA CERITA RAKYAT “SEMBESAT SEMBESIT”

Ayu Puspita Indah Sari

Abstract


Karya sastra merupakan suatu cara yang efektif dalam rangka penguatan nilai-nilai berkarakter pada peserta didik. Keberadaan karya sastra di dalam komponen pembelajaran peserta didik setidaknya dapat memberikan sumbangsih dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang tidak hanya memiliki intelektual dan terampil dalam segala bidang, akan tetapi juga memiliki karakter yang baik, seperti yang tercantum pada Pasal 3 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003. Cerita rakyat merupakan suatu bagian dari karya sastra yang di dalamnya memuat cerita-cerita yang berasal dari suatu daerah atau tempat yang disampaikan secara turun temurun serta tidak diketahui sumber aslinya. Sebagai contoh dari cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Selatan adalah “Sembesat Sembesit”. Fokus utama dalam tulisan ini adalah membahas penguatan pendidikan berkarakter peserta didik melalui nilai moral pada cerita rakyat “Sembesat Sembesit”.  Adapun metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral apa saja yang dimuat dalam cerita rakyat Sembesat Sembesit. Simpulan yang diperoleh dari hasil analisis muncul nilai-nilai moral yang bersifat edukatif pada cerita rakyat “Sembesat Sembesit”, seperti penilaian yang terdapat pada sikap spiritual yaitu nilai religius dan penilaian pada sikap sosial  yaitu jujur, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, dan santun.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.