IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VI SDN 11 LAWANG MANDAHILING

Febriyanti Febriyanti, Afnita Afnita, Atmazaki Atmazaki

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pengabdian kepada masyarakat "PKM Guru SDN 11 Lawang Mandahiling dan SDN 13 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan juga meningkatkan hasil keterampilan menulis narasi siswa kelas VI SDN 11 Lawang Mandahiling dengan menggunakan media audio (tape recorder). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap keterampilan menulis narasi siswa dengan menggunakan media audio. Hal ini dapat dilihat peningkatannya pada tahap prapenulisan, yaitu siklus pertama pertemuan pertama sebesar 62 dan pertemuan kedua 69 dengan kualifikasi cukup. Pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 85. Hal ini juga ditunjukan dengan keseriusan, keaktifan, dan kreatifitas siswa dalam proes pembelajaran yakni dalam membuat kerangka karangan. Pada tahap penulisan siklus pertama pertemuan pertama mendapatkan nilai 66 dan pada pertemuan kedua nilainya meningkat lagi menjadi 72. Kemudian, pada siklus kedua meningkat nilainya 87 dengan kualifikasi baik. Pilihan kata, ejaan, tanda baca, alur dan kesesuaian judul tulisan siswa juga semakin baik. Selanjutnya, pada tahap pascapenulisan siklus pertama pertemuan pertama adalah 67. Pada pertemuan kedua nilainya mencapai 72 dengan kualifikasi cukup, dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 87 dengan kualifikasi baik. Hal ini juga didukung oleh kebersihan, kerapian, dan kreatifitas siswa menulis narasi semakin meningkat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.