Pendamping PPK: Instrumen Uji Kecerdasan IQ, EQ, SQ Berbasis Karya Sastra
Abstract
Pendidikan karakter berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana instrumen uji kecerdasan dalam ranah pikiran, perasaan, dan karsa dan bagaimana subjek penelitian mengapresiasi karya sastra (cerpen) yang berlatar bidang pendidikan. Subjek penelitian terdiri atas 51 mahasiswa dari berbagai program studi di FKIP Universitas Sriwijaya. Paradigma penelitian utama adalah R & D, namun metode deskriptif digunakan untuk mengeksplorasi apresiasi sastra dan persepsi mahasiswa tentang keterkaitan antara instrumen uji kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual dengan pembelajaran sastra di universitas. Hasil penelitian ini berupa: (1) instrumen uji kecerdasan berkontribusi sebesar 69,2% yang diberikan sebelum dan sesudah membaca karya sastra dan (2) dari segi intelektual, emosional, dan spiritual, ditemukan sebesar 95,2% mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Indonesia, Sejarah, dan Matematika dan 95% mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris menanggapi secara positif isi dari pernyataan-pernyataan apresiasi sastra sebagai bagian dari instrumen pengembang kecerdasan secara keseluruhan. Dengan demikian, instrument uji kecerdasan IQ, EQ, dan SQ secara signifikan berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 431 timesPDF - 867 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.