PERILAKU VERBAL DAN NONVERBAL DOSEN DALAM UPAYA MEMBERIKAN PENGUATAN PADA MATA KULIAH BERBICARA DASAR TERHADAP MAHASISWA/I DI STKIP MUHAMMADIYAH PAGARALAM

Irma Sendy Aristya, Ike Tri Pebrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk perilaku verbal dan nonverbal dosen ketika memberikan penguatan pada mata kuliah berbicara dasar terhadap mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Pagaralam, (2) mendeskripsikan dan menganalisis fungsi masing-masing bentuk perilaku verbal dan nonverbal dosen ketika memberikan penguatan dalam mata kuliah berbicara dasar di STKIP Muhammadiyah Pagaralam, dan (3) mendeskripsikan dan menganalisis dampak perilaku verbal dan nonverbal dosen ketika memberikan penguatan terhadap mahasiswa, dalam mata kuliah berbicara dasar di STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di STKIP Muhammadiyah Pagaralam khususnya yang mengampuh mata kuliah berbicara dasar. Objek penelitian ini adalah perilaku verbal dan nonverbal dosen ketika memberikan penguatan, yang meliputi: bentuk perilaku verbal dan nonverbal, fungsi masing-masing perilaku verbal dan nonverbal, dan dampak pemberian perilaku verbal dan nonverbal terhadap Mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk perilaku verbal dosen ketika memberikan penguatan adalah bentuk tuturan deklaratif, imperatif, dan interogatif, sedangkan perilaku nonverbalnya adalah gestural, fasial, dan postural; (2) fungsi perilaku verbal dosen ketika memberikan penguatan adalah fungsi ekspresif, direktif, representatif, komisif, dan deklarasi, sedangkan fungsi perilaku nonverbalnya adalah melengkapi dan menekankan; dan (3) dampak perilaku verbal dan nonverbal dosen ketika memberikan penguatan adalah mahasiswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 3508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.