SASTRA ANAK DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Dwi Sistiana

Abstract


Penelitian karya sastrak anak ini bertujuan untuk memotifasi manusia agar mengungkapkan isi hatinya perasaan, serta pikirannya, agar minat terhadap sastra anak meningkat. Pembelajaran sastra pada anak-anak penting dilakukan karena pada usia ini anak mudah menerima karya satra. Oleh karena itu anak-anak mudah untuk menerima nilai-nilai kemanusiaan, adat istiadat, agama, dan juga kebudayaan yang terkandung dalam karya sastra. Sastra juga mampu merangsang anak-anak berbuat sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, adat istiadat agama dan budaya. Selain itu anak-anak akan lebih peka terhadap lingkungan karena dalam dirinya tertanam nilai-nilai kemanusiaan. Adanya sastra anak-anak sejak usia dini bisa menumbuhkan olah rasa, olah batin, dan olah budi anak-anak memiliki perilaku serta kebiasaan untuk membedakan sesuatu yang dianggap baik ataupun buruk melalui proses apresiasi dan berkreasi dengan karya sastra. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan kebahasaan yang mengandung unsur bahasa, tema, dan teknik bercerita. Untuk dapat memahami dan mempelajari sastra anak secara mendalam, perlu kita ketahui terlebih dahulu hakikat sastra anak serta manfaatnya, pembentukan pendidikan karakter dengan sastra anak.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2456 times
PDF - 13822 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.