PENGEMBANGAN MODUL PERSIAPAN BERDEBAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEDAGOGI GENRE BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang efektif dengan judul Logis Berargumentasi melalui Debat menggunakan pendekatan pedagogi genre. Penelitian dan pengembangan ini memodifikasi prosedur yang dikemukakan oleh Jolly dan Bolitho dan Dick, Carey, dan Carey. Untuk mengetahui kelayakan modul dilakukan validasi ahli dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Untuk menguji kepraktisan modul dilakukan evaluasi satu-satu dan evaluasi kelompok kecil dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Kemudian, untuk mengetahui keefektifan modul dilakukan uji lapangan melalui eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan diketahui bahwa modul ini dikategorikan sangat baik. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat praktis. Terakhir, hasil uji lapangan melalui pretes dan postes terdapat peningkatan nilai rata-rata peserta didik sebesar 45,033, sehingga modul dapat dikategorikan efektif atau memiliki efek potensial bagi peserta didik.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 613 timesPDF - 1844 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.