REALITAS SOSIAL CERPEN DAYANG TOREK ITU KEMBALI SILAM KARYA RUSMANA DEWI DANIMPLIKASI PADA PEMBELAJARAN BERKARAKTER
Abstract
Fokus penulisan makalah ini adalah mendeskripsikan realitas sosial cerpen Dayang Torek 1111 Kembali Silam karya Rusmana Dewi dan Implikasi pembelajaran berkarakter di sekolah. Metode penulisan makalah menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan metode Content. Teknik pengumpulan data dalam penulisan makalah ini menggunakan purposive sampling dan Studi Pustaka. Berdasarkan hasil analisis diketahui 47 data kutipan realitas sosial pada cerpen Dayang Torek Itu Kembali Silam karya Rusmana Dewi. 47 data kutipan realitas sosial tersebut meliputi interaksi sosial 17 kutipan, data sosial kebudayaan 9 kutipan, nilai dan norma sosial 10 kutipan, stratifikasi sosial 4 kutipan, status dan peran sosial 4 kutipan, dan realitas sosial perubahan sosial 3 kutipan. Berdasarkan hasil realitas sosial cerpen Dayang Torek flu Kembali Silam karya Rusmana Dewi diketahui realitas sosial yang paling dominan adalah realitas sosial interaksi sosial. Berdasarkan hasil makalah realitas sosial cerpen dapat digunakan pada pembelajaran materi cerpen pada Kurikulum 2013 di MAJSMA kelas XI dalam KD menemukan realiatas kehidupan bermasyarakat dalam sebuah cerpen. Hal ini membuktikan analisis realitas sosial cerpen Dayang Torek flu Kembali Silam karya Rusmana Dewi mampu menumbuhkan karakter positif pada pembelajaran materi cerpen di MNSMA di kota Lubuklinggau.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 397 timesPDF - 1303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.