PENGARUH MODEL BRAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modelBrain Writingterhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu.Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Brain Writingdan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 62,82 meningkat menjadi 82,15 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 19,33. Nilai rata-rata tes awalkelas kontrol 59,33 meningkat menjadi 74,33 pada tes akhir. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 15,00. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 6, 091> ttabel 1,998 dengan df64 pada tingkat signifikan 95% (α=0,025). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara keterampilan siswa yang diajar dengan modelBrain Writingdan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensionaldalam pembelajaran menulis teks eksplanasi” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Brain Writinglebih berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palembang.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 483 timesPDF - 494 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.