PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEO SCRIBE UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK BSI PALEMBANG

Serli Lestari, Mulyadi Eko Purnomo, Agus Saripudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan Media Pembelajaran Teks Negosiasi Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Sparkol video Scribe menurut peserta didik dan guru, (2) merancang Media berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dan guru, (3) mendeskripsikan hasil self evaluation terhadap paper based media pengembangan, (4) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap media pengembangan, (5) mengetahui kepraktisan media berdasarkan uji coba one-to-one dan small group, serta (6) mengetahui efek potensial media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian dan pengembangan ini memodifikasi dan mengolaborasi teori pengembangan Kirschner, Valcke, dan Sluiijsmans (dalam Akker, dkk. 1999, p. 89) dan Tessmer (1998, p. 35).Media pengembangan ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik kelas X SMK BSI Palembang. Kerangka media ini terdiri dari menu beranda, petunjuk, petunjuk program, KI/KD, indikator tujuan, peta konsep, materi, latihan, evaluasi, biodata penulis, daftar pustaka dan sumber gambar. media ini telah melalui uji validasi oleh tiga ahli yang meliputi aspek kelayakan: materi, bahasa, dan media. Berdasarkan validasi dari tiga ahli tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa media valid dan layak diujicobakan dengan revisi sesuai komentar dan saran para ahli. Berdasarkan hasil uji coba one-to-one dan small group media praktis digunakan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan melalui pretes dan postes, nilai rata-rata menulis teks negosiasi peserta didik mengalami peningkatan dari 57,03 menjadi 77,87 (selisih 20,83).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 874 times
PDF - 1916 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.