STUDI PENGGUNAAN ASBUTON JBMA-50 PADA FLEXIBLE PAVEMENT AC-WC DAN HRS-WC TERHADAP GENANGAN AIR

Helmi Haki, Mirka Pataras, Aztri Yuli Kurnia, Ricky Andrian, Yovie Kurnia

Abstract


Ketika saat hujan, konstruksi jalan terendam dengan genangan air hujan, yang dapat mempengaruhi kualitas perkerasan aspal. Genangan air hujan ini mengakibatkan terjadinya penurunan daya dukung bagian perkerasan jalan khususnya bagian lapis permukaan.Maka dilakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan karakteristik perkerasan lentur laston wearing course (AC–WC) menggunakan aspal penetrasi 60/70 dan aspal buton modifikasi JBMA-50 apabila terkena genangan air hujan dengan variasi waktu rendaman. Dari hasil pengujian didapat KAO 5,4% untuk campuran menggunakan aspal penetrasi 60/70 dan 5,75% untuk campuran menggunakan aspal JBMA-50. Sedangkan untuk Lataston (HRS-WC), dari hasil pengujian marshall, untuk aspal penetrasi 60/70 didapat nilai KAO sebesar 7,6% dan aspal JBMA-50 sebesar 7,9%. Selanjutnya dibuat bendauji dari KAO masing-masing 2 benda uji untuk tiap aspal dengan waktu rendaman yang telah ditentukan. Hasil pengujian menunjuk kan bahwa nilai flow relative stabil sedangkan nilai stabilitas, MQ, dan VFA mengalami penurunan dan nilai VIM dan VMA mengalami peningkatan. Setelah direndam selama lebih dari 24 jam, nilai VIM sudah melewati batas spesifikasi yang diizinkan menurut spesifikasi Bina Marga 2010 revisi 3.


Full Text:

TII-055

Article Metrics

Abstract view : 120 times
TII-055 - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISBN 978-979-587-734-9

eisbnresize