ANALISIS PENGARUH PROGRAM CAUSE-RELATED MARKETING TERHADAP CITRA PERUSAHAAN, BRAND ATTRACTIVENESS DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Ayu Fitriyani, Dien Mardhiyah

Abstract


Cause-Related Marketing (CRM) adalah salah satu bentuk dari program sosial perusahaan (CSR). Perusahaan memberikan bantuan kepada pihak tertentu saat konsumen membeli produk perusahaan melalui program CRM. Aktivitas CRM diharapkan dapat membentuk citra perusahaan yang pada jangka panjang dapat mendorong konsumen untuk lebih memilih perusahaan yang melakukan CRM. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana aktivitas CRM mempengaruhi pilihan konsumen. Melalui metode survei dengan kuisioner yang disebar pada konsumen AQUA diperoleh hasil bahwa kampanye cause related marketing berpengaruh terhadap citra perusahaan dan brand attractiveness, dan brand attractiveness berpengaruh pada keputusan pembelian. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan sebagai perusahaan yang melakukan CRM tidak berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen di Indonesia. Dalam hal ini, konsumen tidak membeli produk AQUA karena citra perusahaan sebagi perusahaan yang melakukan CRM. Hasil penelitian dapat dipertimbangkan oleh perusahaan yang akan melakukan aktivitas CRM.


Full Text:

ASP-010

Article Metrics

Abstract view : 1188 times
ASP-010 - 842 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISBN 978-979-587-734-9

eisbnresize