Peningkatan Hasil Belajar Materi Elektrolisis Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas XII KI 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Ahmad Saiful Arif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XII KI 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar melalui penerapan model discovery learning berbasis saintifik pada materi elektrolisis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XII KI 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar, Mojokerto Jatimpada bulan Agustus – September 2016, dengan melibatkan 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning, dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi elektrolisis di SMK Negeri 1 Mojoanyar, Kelas XII KI 1 Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan prosentase hasil belajar siswa mencapai 81.08% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 91.98% pada siklus kedua. Pada aspek keterlaksanaan RPP juga mengalami peningkatan, yaitu skor rata-rata dari 2.77 (baik) pada siklus pertama menjadi 3.31 (baik) pada siklus kedua dan keterlaksanaan RPP mencapai 100% pada kedua siklus. Pada aspek aktivitas siswa juga menunjukkan pembelajaran berpusat pada siswa, hal ini ditunjukkan meningkatnya prosentase aktivitas dalam pembelajaran discovery learning dan menurunnya perilaku tidak relevan.


Full Text:

I-2

Article Metrics

Abstract view : 239 times
I-2 - 486 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.