Penerapan Diagram Vee untuk MeningkatkanHasil Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Siti Huzaifah, Kodri Madang, Djunaidah Zen

Abstract


Kekurangan waktu untuk membahas secara bersama tugas-tugas yang dikumpulkan mahasiswa menyebabkan kesulitan memantau pemahaman mahasiswa tentang Metodologi Penelitian Pendidikan, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasisiwa tentang Metodologi Penelitian Pendidikan tersebut. Penelitan ini menerapkan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dengan tindakan adalah penerapan strategi Diagram Vee. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Unsri semester V yang mengikuti Mata Kuliah Metodologi Penelitian pada Semester Genap TA 2015. Jumlah subjek penelitian adalah 40 orang yang terdiri dari 1 orang mahasiswa laki-laki dan 39 orang mahasiswa perempuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan hasil belajar yang dinyatakan tuntas bila secara klasikal ≥ 85% mahasiswa mendapat nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan hanya 18,42 %. Hasil refelksi menunjukkan mahasiswa masih belum terbiasa dengan perubahan pola belajar dari “cara biasa” menuju penerapan Diagram Vee serta masih kurangnya penjelasan contoh penelitian dasar dan terapan. Pada siklus 2, ketuntasan telah mencapai >86%. Kenyataan ini didukung oleh faktor mahasiswa yang telah familiar dengan Diagram Vee sehingga memberi peluang untuk menginplementasikannya pada konsep-konsep penelitan deskriptif, eksperimen, dan PTK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Strategi Diagram Veev memberikan peluang belajar secara multi-konsep dan terpadu antara terori dan prinsip, keterampilan menggali pertanyaan, dan menginterpretasi dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan di FKIP Universitas Sriwijaya.


Full Text:

B-24

Article Metrics

Abstract view : 634 times
B-24 - 1217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.