Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Dunia Tumbuhan di Kelas X SMA Srijaya Negara Palembang

Poppy Purnamasari, Yenny Anwar, Didi Jaya Santri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini menerapkan metode Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Counterbalanced. Pengambilan data tes pemahaman konsep dilakukan di 2 kelas eksperimen, pada pertemuan pertama kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dan pada pertemuan kedua kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Analisis data uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS22. Hasil uji hipotesis pemahaman konsep untuk kedua kelas eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 3,974 dan 2,101, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df 60 adalah 2,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada kedua kelas eksperimen thitung > ttabel yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua kelas eksperimen dan kontrol pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi (pertemuan pertama 70,88 dan pertemuan kedua 78,54) dibandingkan kelas kontrol (52,96 dan 55,79). Dengan demikian pada kedua kelas tersebut terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran NHT terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas X SMA Srijaya Negara Palembang pada Materi Dunia Tumbuhan.


Full Text:

B-18

Article Metrics

Abstract view : 84 times
B-18 - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.