Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 19 Palembang pada Materi Sistem Ekskresi

Annisa Tiara Linanti, Yenny Anwar, Lucia Maria Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan metakognitif peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 19 Palembang pada bulan April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Palembang sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre experimental one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir keterampilan metakognitif dan angket respon peserta didik terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai peserta didik pada tiap aspek keterampilan metakognitif (keterampilan perencanaan, keterampilan monitor, serta keterampilan evaluasi) antara tes awal dan tes akhir. Nilai gain pada tiap aspek keterampilan metakognitif (keterampilan perencanaan, keterampilan monitor, dan keterampilan evaluasi) berturut-turut adalah 38,62; 23,95; dan 38,29 yang berada dalam kategori n-gain sedang. Setelah uji hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas (signifikansi) uji hipotesis sebesar 0,000. Rata-rata respon peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik.


Full Text:

B-9

Article Metrics

Abstract view : 455 times
B-9 - 711 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.