Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Dasar Mata Pelajaran Kimia Pada Kompetisi Dasar

Siti Mardliya, Fuad Abdurachman, Hartono Hartono

Abstract


Penelitian pengembangan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Palembang ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan proses sains mata pelajaran kimia pada kompetensi dasar kelarutan dan hasil kali kelarutan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dan mengetahui reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda produk. Pengembangan menggunakan model pengembangan Rowntree dan evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer. Kevalidan produk diperoleh melalui uji pakar dan dihitung menggunakan perhitungan koefisien Aiken`s V. Hasil perhitungan koefisien Aiken`s V dari 6 pakar diperoleh rata-rata 0,74 yang artinya produk memiliki validitas tinggi. Skor kepraktisan pada evaluasi satu satu sebesar 81,5 % yang artinya praktis dan evaluasi kelompok kecil sebesar 79 %, yang artinya praktis. Uji lapangan bertujuan untuk mengetahui nilai keterampilan proses sains dasar siswa. Rata-rata nilai keterampilan proses sains dasar siswa kelas XI IPA 5 sebesar 79,5. Ketuntasan sebesar 100 % yang berarti produk efektif. Reliabilitas instrumen 0,56 yang berarti cukup tinggi. Tingkat kesukaran produk 0,5 yang artinya sedang dan daya pembeda produk 0,2 yang berarti sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan proses sains mata pelajaran kimia pada kompetensi dasar kelarutan dan hasil kali kelarutan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dan reliabiltias, tingkat kesukaran dan daya pembeda produk termasuk kategori sedang.


Full Text:

K-12

Article Metrics

Abstract view : 602 times
K-12 - 1735 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.