Pengembangan Modul Kimia Dasar Materi Termokimia Pendekatan Stem Problem Based Learning Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia

Agustin Kurniati, Tatang Suhery, Effendi Effendi

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengembangan Modul Kimia Dasar I materi Termokimia pendekatan STEM Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul kimia pada materi Termokimia pendekatan STEM Problem Based Learning yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari tiga tahap yaitu terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini tahap evaluasi dikombinasikan dengan evaluasi formatif tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Penelitian di lakukan di FKIP Universitas Sriwijaya. Rata-rata hasil uji validasi pedagogik, desain, dan materi adalah 0,92 dengan kategori sangat layak. Rata-rata hasil uji kepraktisan pada tahap one to one adalah 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang. Kemudian pada tahap small group memperoleh nilai yang meningkat dari tahap sebelumnya, yaitu 0,88 dengan kategori kepraktisan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa modul pendekatan STEM PBL untuk mahasiswa ini telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Bagi dosen dan mahasiswa agar dapat memanfaatkan modul Kimia Dasar I pada materi Termokimia pendekatan STEM PBL sebagai salah satu bahan ajar.


Full Text:

K-11

Article Metrics

Abstract view : 520 times
K-11 - 2958 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.