Pembangan Modul Kimia Dasar II Materi Koloid Berbasis STEM Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Fkip Unsri

Septi Andriani, Tatang Suhery, Hartono Hartono

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan Modul Koloid Berbasis STEM Problem Based Learning untuk mahasiswa prodi pendidikan kimia yang valid dan praktis. Proses pengembangan menggunakan pengembangan model ADDIE yang dikombinasikan dengan evaluasi formatif tessmer. Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi untuk data kevalidan dan lembar angket data kepraktisan (walkthrough). Hasil validasi diperoleh nilai kevalidan materi sebesar 0,95 dinyatakan layak (sangat valid), nilai kevalidan pedagogik sebesar 0,92 dinyatakan layak (sangat valid) dan nilai kevalidan desain sebesar 0,93 dinyatakan layak (sangat valid), sehingga nilai kevalidan rata-rata adalah sebesar 0,93 (sangat valid). Pada uji one-to-one diperoleh nilai kepraktisan sebesar 0,83 dengan kategori tinggi (sangat praktis), dan pada uji small group diperoleh nilai kepratisan sebesar 0,93 dengan kategori tinggi (sangat praktis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul koloid berbasis STEM Problem Based Learnig pada mahasiswa prodi pendidikan kimia telah memenuhi kriteria valid dan praktis.


Full Text:

K-10

Article Metrics

Abstract view : 111 times
K-10 - 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.