Pembangan Modul Pembelajaran Kimia Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks Dengan Pendekatan STEM Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Indralaya Utara

Nurul Mawaddah, Tatang Suhery, K. Anom Wancik

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain pengembangan dalam penelitian ini merupakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate, yang dimodifikasi dengan evaluasi Tessmer. Produk penelitian ini adalah modul pembelajaran kimia dengan pendekatan STEM Problem Based Learning untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yang bertujuan untuk mendapatkan modul yang valid dan praktis. Kevalidan modul dinilai oleh enam pakar yaitu ahli materi dan konten, pedagogik dan desain yang dilakukan pada tahapan expert review. Hasil tahap expert review didapat skor akhir validasi materi skor rata-rata 0,925 dengan kategori kevalidan tinggi, validasi pedagogik didapatkan skor rata-rata 0,843 dengan kategori kevalidan tinggi, dan validasi desain dipatkan skor rata-rata 0,80 dengan kategori kevalidan tinggi. Pada tahap one-to-one dan small group dilakukan dikelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Pada skor ke praktisan one-to-one didapat skor akhir sebesar 0,874 dengan kategori kepraktisan tinggi. Skor akhir ke praktisan small group didapatkan sebesar 0,946 dengan kategori kepraktisan tinggi.


Full Text:

K-9

Article Metrics

Abstract view : 550 times
K-9 - 1214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.