Pengembangan Modul Mata Kuliah Kimia Dasar 2 Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics-Problem Based Learning (STEM-PBL)

Ginda Tratungga Negara, Tatang Suhery, Effendi Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul mata kuliah kimia dasar 2 berbasis pendekatan STEM-Problem Based Learning yang memenuhi kriteria layak dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan produk yang digunakan meliputi analisis (analysis), perancangan (design) serta pengembangan (development). Evaluasi pengembangan produk digunakan evaluasi formatif Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one-to-one evaluation serta small group evaluation. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh pakar didapatkan nilai kesepakatan kelayakan modul untuk penilaian pedagogik sebesar 0,94 yang termasuk kategori sangat layak, penilaian desain sebesar 0,77 yang termasuk kategori layak dan penilaian materi sebesar 0,81 yang termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kepraktisan pada tahap one-to-one diperoleh nilai sebesar 0,89 dengan kategori tinggi dan pada tahap small group diperoleh nilai 0,88 dengan kategori tinggi. Modul mata kuliah kimia dasar 2 materi kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis pendekatan STEM-Problem Based Learning dinyatakan layak dan praktis.


Full Text:

K-7

Article Metrics

Abstract view : 548 times
K-7 - 725 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.