Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis STEM Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia

Desy Rachmawati, Tatang Suhery, K. Anom

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul kimia dasar berbasis STEM Problem Based Learning materi laju reaksi yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dimodifikasi dengan dengan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Data dikumpulkan melalui wawancara, uji ahli dan angket Pada tahap expert review menggunakan 2 ahli materi, 2 ahli desain dan 2 ahli pedagogik. Tahap oneto-one dan tahap small group dilakukan di Kampus FKIP Universitas Sriwijaya. Hasil tahap expert review didapat skor akhir validasi materi 0,91 (sangat layak atau sangat valid), validasi desain 0,87 (sangat layak atausangat valid) dan validasi pedagogik 0,87 (sangat layak atau sangat valid) dengan skor rata-rata kevalidan sebesar 0,88 (sangat layak atau sangat valid). Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari ujicoba one-to-one sebesar 0,85 (tinggi atau sangat praktis) dan small group 0,82 (tinggi atau sangat praktis). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis .Disarankan modul ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan ajar materi laju reaksi.


Full Text:

K-5

Article Metrics

Abstract view : 3212 times
K-5 - 3706 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.