Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas

Ratna Farwati, Anna Permanasari, Harry Firman, Tatang Suhery

Abstract


Kunci keberhasilan pembelajaran terletak pada strategi pembelajaran yang dirancang. Strategi pembelajaran tersebut dikembangkan dengan berorientasi pada kurikulum, materi ajar, dan karakteristik mahasiswa. Kurikulum dan materi ajar menjadi dasar penentuan capaian pembelajaran atau kemampuan yang dapat dibekalkan kepada mahasiswa. Kurikulum dan materi ajar pada mata kuliah Kimia Lingkungan, misalnya, dapat mengakomodasi pengembangan literasi lingkungan dan kreativitas mahasiswa. Kimia Lingkungan mengkaji penyelesaian masalah-masalah lingkungan dari berbagai sudut pandang bidang ilmu. Dengan demikian, Kimia Lingkungan sangat tepat diselenggarakan dengan pendekatan multidisiplin seperti gabungan dari science, technology, engineering, dan mathematics (STEM). Mengangkat masalah-masalah lingkungan sangat tepat dilakukan dengan pendekatan problem based learning (PBL). Integrasi PBL dalam STEM sangat memungkinkan mengaktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas mahasiswa.


Full Text:

K-1

Article Metrics

Abstract view : 4203 times
K-1 - 4423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.