Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Gerak Parabola Berbasis Permainan Tradisional untuk Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas

Ketang Wiyono, Rahmah Nisfi Laili, Syuhendri Syuhendri

Abstract


Telah berhasil dikembangkan multimedia interaktif pada materi gerak parabola berbasis permainan tradisional untuk mata pelajaran fisika Sekolah Menengah Atas yang valid dan praktis. Multimedia interaktif dikembangkan melalui 3 tahapan yang diadaptasi dari model pengembangan Rowntree, yaitu : 1) tahap perencanaan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap evaluasi. Tahap evaluasi pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) self evaluation; (2) expert review; (3) one-to-one evaluation; dan (4) small group. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian pada tahap expert review menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid, dengan persentase rerata total validator sebesar 88,6%, sedangkan hasil dari tahap one to one dan small group evaluation menunjukkan bahwa praktikalitas multimedia yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis, dengan persentase rerata 87,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah sangat valid dan sangat praktis.


Full Text:

F-17

Article Metrics

Abstract view : 655 times
F-17 - 905 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.