Disain Model Multirepresentasi Pada Perkuliahan Pendahuluan Fisika Zat Padat untuk Mengembangkan Kemampuan Berargumentasi

Ismet Ismet

Abstract


Para pakar pendidikan sains mulai mengkaji pembelajaran sains sebagai sarana untuk mengkonstruksi pengetahuan melalui proses sosial dalam bentuk argumentasi. Mengingat pentingnya kemampuan bergargumentasi dimiliki oleh para peserta didik, maka perlu dirancang suatu perkuliahan yang dapat membekali peserta didik agar mampu membangun kemampuan bergargumentasi secara ilmiah. Metodepenelitian dan pengembangan yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap perancangan model, tahap pengembangan, dan tahap validasi program. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa perkuliahan fisika zat padat cendrung pada pendekatan matematis dan belum memperhatikan beragam kecerdasan mahasiswa. Hasil tes menunjukkan bahwa tidak semua mahasiswa memiliki kecerdasan logika-matematika yang dominan, sehingga penggunan multiprepresetasi dalam proses pembelajaran Pendahuluan Fisika Zat Padat bisa menjadi potensi yang dapat dioptimalkan dalam pembelajaran. Analisis karakteristik perkuliahan menunjukkan perkuliahan tersebut bersifat abstrak dan mikroskopis sehingga sangat diperlukan sarana untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui penyusunan Perangkat model perkuliahan Pendahuluan Fisika Zat Padat berbasis Multirepresentasi meliputi perancangan sintaks-sintaks pembelajaran. Hasilpengembangan berupa sebuah desain model perkuliahan PFZP-MR yang terdiriatas 7 fase yaitu: Penyajian fenomena, fase Identifikasi konsep-konsep Kunci, Eksplorasi konsep, konstruksi representasi, internalisasi dan konsolidasi konsep, evaluasi dan fase interelasi konsep. Desain tersebut dilakukan uji validasi dan uji kepraktisan dalam uji terbatas pada mahasiswa. Validasi hasil mengungkapkan bahwa desain model yang dikembangkan valid dan hasil uji coba terbatas menunjukkan desain yang disusun tergolong praktis.


Full Text:

F-15

Article Metrics

Abstract view : 99 times
F-15 - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.