Pengaruh Strategi Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (Murder) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Martapura

Meylinda Kurniati, Supardi Supardi, Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dari strategi pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Martapura. Metode yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain penelitian yaitu posttest only control design. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrumen tes pada materi gerak lurus. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari strategi pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Martapura. Hal ini ditunjukkan dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung (6,64) > ttabel (1,98) pada taraf signifikan 0,05 dan juga diperkuat dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai ratarata posttest kelas kontrol ( .


Full Text:

F-9

Article Metrics

Abstract view : 114 times
F-9 - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.