Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Tempilang Kabupaten Bangka Barat
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran Fisika kelas X SMA Negeri 1 Tempilang kabupaten Bangka Barat. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahaptahap metode ilmiah, siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut. Pembelajaran berbasis masalah memfokuskan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendorong siswa agar lebih kreatif dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tempilang Kabupaten Bangka Barat. Sampel penelitian ini adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ekperimen yaitu Quasy Experimental Design, bentuk desain yang digunakan dalam penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Dari hasil perhitungan statistik uji-t satu fihak, pada hasil pretest diperoleh = 1,76 dan hasil posttest diperoleh = 6,21 dengan = 1,671; dengan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian berarti dari hasil posttest dinyatakan bahwa > , maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep pada mata pelajaran Fisika kelas X SMA Negeri 1 Tempilang kabupaten Bangka Barat
Full Text:
F-5Article Metrics
Abstract view : 523 timesF-5 - 489 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.