PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19: TINJAUAN DARI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI DAN MAHASISWA PPG BIOLOGI DALAM JABATAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Rahmi Susanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap bagaimana pelaksanaan pembelajaran Biologi selama pandemi covid-19 ditinjau dari mahasiswa calon guru Biologi dan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (daljab) mata pelajaran Biologi Universitas Sriwijaya. Metode
penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan sampel mahasiswa calon guru Biologi (189 orang) dan mahasiswa PPG (46 orang). Data dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan skala Likert (27 pernyataan) dan angket terbuka (10 pertanyaan). Data dipersentasikan, dan disajikan
dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan persentase respon mahasiswa terhadap pembelajaran online adalah: menjadikan mahasiswa lebih trampil dalam menggunakan IT (95,8 %), lebih mandiri dalam belajar (88,2%), keterampilan dosen dalam pembelajaran online
dan konten pembelajaran yang menarik dan interaktif (95%), dan koneksi internet yang lemah selama pembelajaran online (97,3%). Pembelajaran Biologi secara online di sekolah didominasi menggunakan google clasroom, untuk interaksi dan diskusi dilaksanakan menggunakan google
meet berbantuan WhatssApp group. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah pembelajaran Biologi secara online dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa menggunakan IT, mahasiswa menjadi lebih mandiri dalam belajar. Pembelajaran online dapat berlangsung dengan baik jika didukung dengan media yang menarik dan interaktif, dan melibatkan mahasiswa, serta kendala utama yang dihadapi adalah koneksi internet (sinyal dan kuota). Pembelajaran online di sekolah
didominasi menggunakan google classroom, untuk interaksi dan diskusi menggunakan video conference yaitu google meet berbantuan WhatsApp group, evaluasi pembelajaran Biologi dilaksanakan menggunakan aplikasi Google Form.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.