PERSEPSI SISWA SMA TERHADAP PELAJARAN IPA (KIMIA, FISIKA DAN BIOLOGI) DI MASA PANDEMI COVID-19

Hartono Hartono, Frida Ramadian, Melly Ariska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap pelajaran IPA (Fisika, Biologi dan Kimia) di masa Pandemi Covid-19. Perubahan pola pembelajaran secara mendadak yang terjadi akibat Pandemi Covid-19 merupakan tantangan terbesar bagi para insan pendidikan. Dampak yang terjadi pada pola pembelajaran membuat guru harus beradaptasi dengan kondisi darurat saat ini, dimana pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring (tatap muka) berubah menjadi daring (online). Penelitian ini menggambarkan pandangan siswa SMA terhadap pembelajaran daring yang dilakukan di Masa Pandemi Covid-19 pada pelajaran IPA yang terdiri dari Fisika, Kimia dan Biologi. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasinya adalah siswa SMA se-kota Prabumulih dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data adalah statistika deskriptif dengan persentase. Hasil belajar siswa SMA mata pelajaran IPA  masa Pandemi Covid-19 tergolong kategori sedang dengan interval nilai 70-79 dengan jumlah siswa SMA yang mengisi angket sebanyak 132 siswa SMA. Persepsi siswa SMA terhadap mata pelajaran IPA (Kimia, Fisika dan Biologi) dalam kategori sedang dengan persentase 42% atau 57 orang siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.