PENGEMBANGAN WEBSITE PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENTS ASSESMENT) PADA LITERASI SAINS UNTUK GURU IPA

Ayu Fadhilah, Hartono Hartono, Adeng Slamet

Abstract


Sistem layanan informasi Programme for International Student Assessment (PISA) bertujuan untuk menghasilkan Website yang valid dan praktis. Pengembangan produk dilakukan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trolip yang terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) desain, (3) pengembangan. Subjek penelitian adalah guru IPA SMP dan SMA di Kota Palembang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem layanan informasi PISA dikategorikan valid karena telah divalidasi oleh tiga orang ahli dan didapatkan komentar serta saran yang telah diperbaiki sebagai acuan dalam memperbaiki Website. Website juga dikategorikan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan pada guru melalui wawancara dan angket serta dapat disimpulkan bahwa Website yang digunakan bersifat praktis karena bisa digunakan kapan saja dan dimana saja melalui smartphone, komputer dan laptop serta didapatkan hasil 87.49% dengan kategori sangat praktis. Menu yang dihasilkan dari Website tersebut yaitu menu home, kumpulan soal, publikasi, angket, FAQ dan video PISA.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.