PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU- GURU MGMP FISIKA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Kistiono Kistiono, Syuhendri Syuhendri, Apit Fathurahman, Abidin Pasaribu, Sudirman Sudirman, Melly Ariska

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberi manfaat antara lain bagi guru melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan guru mempunyai kemampuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan terampil menuliskan hasilnya dalam bentuk karya ilmiah dan bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep IPA karena adanya kegiatan perbaikan proses pembelajaran dalam bentuk PTK yang dilakukan oleh guru serta bagi agi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, kegiatan ini merupakan wujud nyata tri darma pergurauan tinggi dan kepedulian lembaga terhadap peningkatan kemampuan profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Model dan metode yang digunakan adalah model pendampingan berupa kegiatan pelatihan menggunakan metode presentasi, workshop, diskusi dan simulasi di salah satu sekolah peserta. a.            Selama kegiatan pelatihan berlangsung, 95% guru melibatkan aktivitasnya secara optimal di dalam semua kegiatan baik presentasi, diskusi maupun simulasi. Hal ini menunjukkkan bahwa guru-guru antusias terhadap kegiatan pelatihan ini. Dari hasil perbincangan dengan guru-guru menunjukkan 100% peserta pelatihan merasa sangat puas mengikuti pelatihan dan menginginkan adanya pelatihan lanjutan. Telah dihasilkan 3 draft PTK Guru-guru MGMP Fisika Kabupaten OKU yang sudah siap disusun ke dalam bentuk Karya Ilmiah yang siap diterbitkan di Jurnal atau Prosiding Nasional.


Full Text:

PDF

References


American Psychological Association (APA) style On-line. Retrieved from: http://www.apastyle.org/ Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2009. Buku Panduan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta.

Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa Pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2616

Ariska, M., Akhsan, H., & Muslim, M. (2020). Vector Fields of the Dynamics of Non-Holonomic Constraint System With Elliptical Configuration Space. 513, 738–744.

Ariska, M., Akhsan, H., & Zulherman, Z. (2018). Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 123. https://doi.org/10.26740/jpfa.v8n2.p123-131

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2009. Tema Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Fx. Soedarsono. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Khisbiyah, Yayah.2000. Struktur, Alur dan Pengorganisasian Gagasan dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.

Maryadi. 2000. Pengertian Karya Ilmiah. dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta. UMS Press.

Sukardi.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

The Training of Scientific Writing for International Journal 2014. Surabaya: HKI & Publikasi DP2M DIKTI

T.Raka Joni.1998. Penelitian Tindakan Kelas : Beberapa Permasalahannya.

Jakarta : PCPPGSM Dirjen Dikti.

Firmansyah, D. (2007). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Disampaiakn dalam pelatihan “Sukses membuat proposal penelitian yang bermutu”. FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 8 Desember 2007.

Santoso, S. (2007). Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah. Universitas Negeri Jakarta. Makalah disampaikan pada pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi dosen-dosen PPSD FIP UNY.

Taufiq, dkk. (2015). Pelatihan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru MGMP Sub Rayon 7 Kabupaten Muara Enim. Laporan Pengabdian pada Masyarakat FKIP Unsri.

Wardani, I.G.A.K, dkk. (2011). Tehnik Menulis karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.