PENGEMBANGAN ASESMEN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA TOPIK KELISTRIKAN

Eka Murdani

Abstract


Di era revolusi industri 4.0, dibutuhkan keterampilan-keterampilan yang dapat mengantarkan seseorang untuk berhasil dalam hidup. Salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Pembelajaran fisika perlu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah nyata dan mengambil keputusan dari sudut pandang fisika dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini berfokus pada kompetensi berpikir kritis untuk memecahkan masalah dengan dukungan proyek yang menuntut pemikiran kritis, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dari siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah. Proyek yang dikerjakan siswa hanya sebatas tugas akhir pembelajaran tanpa kejelasan rubrik asesmen, dan proyek yang belum terintegrasi dengan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate) untuk menghasilkan alat asesmen pembelajaran kelistrikan di tingkat SMA. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Indikator keterampilan berpikir kritis diukur melalui proses pembelajaran berbasis proyek. Rubrik asesmen keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran berbasis proyek telah divalidasi oleh ahli dengan kategori Baik. Rubrik asesmen ini dapat memberikan informasi tentang level keterampilan berpikir kritis siswa dengan level di bawah standar, mendekati standar, dan sesuai standar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 504 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.