PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI

Mellyzar Mellyzar, Riska Imanda, Yusnidar Yusnidar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon dari modul berbasis problem based learning pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu define, design, dan development. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik di SMA Negeri 1 Lhoksukon Aceh Utara serta 3 orang guru kimia dan 30 orang peserta didik di SMA 3 Putra Bangsa Aceh Utara. Hasil penellitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validator ahli materi mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai 85,14%, sedangkan nilai rata-rata validator ahli media mendapatkan kategori valid dengan nilai 72,57%. Nilai rata-rata dari kelayakan yang dilakukan oleh 6 orang guru kimia didapatkan sebesar 91,87% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk nilai rata-rata dari 60 orang peserta didik didapatkan sebesar 91,47% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa modul berbasis problem based learning yang dikembangkan sangat layak dan sangat baik sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustina, A. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal of Educational Studies, Volume 3 (1): 16-29.

Badlisyah, T. dan Munawwarah, W. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Materi Struktur Atom Berbasis Al-Qur’an di SMAN 1 Aceh Barat Daya. Lantanida Journal, Volume 5 (2): 133-144.

Oktaviani, C., & Mellyzar, M. (2021). Implementasi Pembuatan Bahan Ajar Pocket Book Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Mahasiswa. Lantanida Journal, 8(2), 157-167.

Depdiknas. 2008. Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Imanda, R., Khaldun, I., dan Azhar. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI pada Materi Konsep dan Reaksi-Reaksi dalam Larutan Asam Basa, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 5(2): 41-48.

Kartini, K.S. dan Setiawan, I.K. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomor 2: 238-245.

Magdalena, Ina, Maydatul Hifziyah, Vira Nastia Aeni. 2020. Analisis Perbedaan Antara Kurikulum KTSP dengan Kurikulum 2013 di SD Negeri Sampora II, Jurnal Pendidikan dan Sains, Volume 2, Nomor 1: 94-103.

Mellyzar, M. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks Dan Tatanama Senyawa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 81-89.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnamasari, L., M. Hadeli, L., Edi, R. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Probelm Based Learning pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X di SMAN 10 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2): 140-151.

Sari, R.D.M. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada KD Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran Perekonomian Indonesia Kelas X IIS SMAN 1 Krembung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 5 (3): Tanpa Halaman.

Silaban, R., Saronom S., Freddy T.M., Panggabean, dan Elsa Ginting. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Kimia, FMIPA Universitas Negeri Medan, Hal:17-23.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yerimadesi, Bayharti, dan Oktavirayanti, R. 2018. Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan, Volume 2(1): 17-24


Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.