PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IKATAN KIMIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Inneke Kusumawati, Andi Suharman, K. Anom W.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ikatan kimia berbasis discovery learning kelas X SMA Negeri 1 Indralaya yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Hasil penelitian yang diperoleh pada tahap validasi merujuk pada kriteria skor kevalidan Aiken’s didapat skor akhir validasi aspek pedagogik 0,92 (kategori tinggi), aspek materi 0,78 (kategori tinggi), dan aspek desain 0,98 (kategori tinggi). Untuk uji kepraktisan didapatkan skor Aiken’s sebesar 0,87 (kategori tinggi) dan uji keefektifan didadaptkan skor n-gain sebesar 0,75 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Borg and Gall, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Discovery Learning, Ikatan Kimia.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.