RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) DAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF

Nurlisa Nurlisa

Abstract


Abstrak: Strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) adalah salah satu strategi yang dapat dipakai dalam pembelajaran menulis teks deskriptif. Strategi RAFT adalah strategi yang dapat membebaskan siswa dalam memilih topik. Selain itu, siswa juga dibentuk dalam kelompok-kelompok sehingga siswa dapat bertukar pikiran atau curah pendapat dengan anggota kelompok yang lain mengenai topik yang akan dibahas. Strategi  ini merupakan strategi yang cocok dalam pembelajaran menulis teks karena dalam strategi pembelajaran ini siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok sehingga siswa dapat melakukan diskusi dengan kelompoknya. Dengan demikian, diharapkan siswa lebih mudah dalam mengungkapkan gagasan yang akan dituangkan dalam teks deskriptif. Menulis teks deskriptif mengharuskan siswa untuk mengungkapkan pengalaman apa yang diamati atau didengar kedalam sebuah tulisan. Penulis harus mempunyai pengamatan yang tajam dan menggunakan alat indera untuk mengungkapkan gagasanya dalam sebuah tulisan. Dengan menggunakan strategi pembelajaran RAFT siswa dapat bertukar pikiran atau curah pendapat dalam proses menulis teks tanggapan deskriptif.

 

Kata kunci: Strategi RAFT, teks deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Andi, Kms. 2016. “Pengaruh Model Kreatif Produktif Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Palembang”. Skripsi Indralaya. Universitas Sriwijaya.

Datang, Frans Asisi dan Jos Daniel Parera 2000. Pelajaran Berbahasa Indonesia 1. Jakarta: Erlangga.

Juwariatin. 2014. “Pengaruh Media Gambar Fotografi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Indralaya”. Skripsi Indralaya. Universitas Sriwijaya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: buku guru. Jakarta: politeknik negeri media kreatif.

Kosasih, E. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusasteraan. Bandung: CV Yrama Widya.

Lutfi, Bahrul. 2015. “Pengaruh Teknik Round Table Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Indralaya Selatan”. Skripsi Indralaya. Universitas Sriwijaya.

Nurhayati, 2000. Integrasi Proses Membaca dan Menulis Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis.

Ruddel, Martha Rapp. 2005. Teaching Content: Reading and Writing. USA.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zabadi, Fairul, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 654 times
PDF - 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.