STRATEGI KESANTUNAN IMPERATIF BAHASA LISAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Gita Desilawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berjudul “Strategi Kesantunan Imperatif Bahasa Lisan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kesantunan berbahasa lisan oleh siswa kelas VIII  SMP Negeri 18 Palembang. Permasalahan dalam penelitan ini Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi kesantunan berbahasa lisan yang mengandung makna imperatif oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Metode yang digunakan adalah Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang di dalam kelas pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 14 ujaran Imperatif yang menggunakan strategi kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan lima strategi dari delapan strategi yang dijadikan parameter, digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang dalam memproduksi ujaran Imperatif. Kelima strategi tersebut meliputi strategi ketidaklangsungan tuturan, strategi penggunaan kata penanda kesantunan, strategi penyertaan alasan, strategi menggunakan bahasa nonverbal, strategi melibatkan penutur dan lawan tutur dalam aktivitas.

 

Kata kunci: Strategi kesantunan berbahasa, kesantunan imperatif, kalimat imperatif.


Full Text:

PDF

References


Kurnia, Halyati. 2013. Kesantunan Berbahasa Pada Legenda Tepian Musi Jilid II Karya Yudhy Syarofie. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mardalena. 2011. Strategi Kesantunan Berbahasa Lisan Siswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.

Rahardi, kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, Rinda Puspa.¬_____. Kesantunan Berbahasa Siswa/i Di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 5 Binjai. Medan: Universitas Negeri Medan.


Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.