STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE AUDIENCE FORMAT TOPIC DALAM MENULIS TEKS NEGOSIASI: SEBUAH STUDI PENDAHULUAN

Karina Balqis

Abstract


Abstrak: Pembelajaran menulis dapat menggunakan suatu strategi pembelajaran untuk memperoleh hasil maksimal. Strategi pAembelajaran memiliki banyak ragam yang disesuaikan dengan pembelajaran menulis yang akan diajarkan di kelas. Salah strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis yaitu strategi pembelajaran role audience format topic (RAFT). Strategi tersebut menekankan keefektifan siswa di kelas sehingga guru hanya sebagai pembimbing bukan sebagai penyedia sumber ilmu pengetahuan. Langkah-langkah strategi pembelajaran role audience format topic terdiri dari memilih topik, menentukan peran, menetapkan sasaran pembaca, dan memilih format teks. Strategi pembelajaran role audience format topic (RAFT) dapat diterapkan untuk menulis teks negosiasi.  Teks negosiasi memuat dua pihak yang saling berdebat untuk memperoleh keputusan yang saling menguntungkan. Strategi pembelajaran role audience format topic (RAFT) dapat digunakan pada pembelajaran menulis teks negosiasi sebagai alternatif bagi guru dalam menentukan cara yang tepat untuk proses pembelajaran di kelas.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran, RAFT, teks negosiasi


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.

Kosasih, Engkos. 2016. Jenis-Jenis Teks. Jakarta Erlangga.

_____________. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas X. Kudus: Erlangga.

Beuhl, Dough. 2009. Classroom Strategies for Interactive Learning. Chicago: International Reading Association, Inc.

Wahyuni, Septi. 2016. “Keefektifan Penggunaan Strategi Role, Audience, Format, and Topic (RAFT) dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pajangan Bantul”. Skripsi S1. Yogyakarta: Progam Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Negeri Yogyakarta. (http://f.library.uny.ac.id/ diakses 07 September 2017).


Article Metrics

Abstract view : 412 times
PDF - 265 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.