PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING VARIATIF PADA SISWA KELAS IX.4 DI SMPN 30 PALEMBANG

Maryati Amna

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IX.4 SMP Negeri 30 Palembang mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik cerpen menggunakan metode cooperative learning variatif. Subjek penelitian siswa kelas IX.4 SMPN 30 Palembang berjumlaj 36 orang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Data awal penelitian diambil dari UH.Siswa yang mencapai KKM Hal ini terbukti dari hasil tes awal hanya 33,3%  siswa memperoleh nilai ≥78 dari 36 orang siswa. KKM yang berlaku di SMP Negeri 30 Palembang seorang siswa dinyatakan tuntas belajar apabila telah mencapai nilai 78 ke atas. Metode cooperative learning variatif adalah metode belajar kelompok/diskusi yang divariasikan dengan menulis hasil diskusi di atas kertas canttik (yang dihias siswa dengan kreativitasnya). Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning variatif dapat meningkatkan kemamapuan siswa mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX.4 di SMPN 30 Palembang.

 

Kata Kunci: cooperative learning variatif, unsur-unsur intrinsik


Full Text:

PDF

References


Anindyarini, Atika, Yuwono dan Suhar. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Depdiknas: Pusat perbukuan.

Hamdani, Nizar Alam dan Dody Hermana. 2008. Claasroom Action Research. Jakarta: Rahayasa Research and Training.

Ratnawati, Latifah. 2008. Pendalaman materi untuk Guru SMP (Modul Sertifikasi Guru). Palembang: Universitas Sriwijaya.

Soetarno. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta:

Suparni. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Ganec. Exact.

Suyitno. 2009. Apresiasi Puisi dan Prosa. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

(http://mi1kelayu.blogspot.co.id/2012/06/model-pembelajaran-cooperative-learing.html).


Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.