BAHAN AJAR TEORI SASTRA BERBASIS WEBSITE

Yenni Lidyawati

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menghasilkan bahan ajar teori sastra berbasis website yang valid dan praktis dan 2) menentukan efek dari bahan ajar teori sastra berbasis website pada aspek afektif dan kognitif mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester III program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes untuk melihat kebutuhan mahasiswa, mengamati sikap mereka terhadap modul berbasis website, dan untuk mengukur aspek kognitif mereka.Temuan penelitian ini adalah: 1) bahan ajar teori sastra berbasis website adalah sah dan praktis, 2) mahasiswa terlibat aktif selama pelajaran digunakan bahan ajar teori sastra berbasis website; 3) modul berbasis website memiliki efek positif pada hasil belajar mahasiswa.

 

Kata kunci: pengembangan, modul, dan website


Full Text:

PDF

References


Akker, J.v.d 1999. Principles and Methods of Development Research. Dalam J.v.d Akker (Ed). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Borg, W.R. and Gall, M.D. 1983. Educational Research: an Introduction. London: Longman, inc.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah

Menengah Atas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas.

Dick dan Carey. 1978. The Systematic Design of Instruction. USA: Foren and Company.

Dick, Carey, dan O. Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction.Boston: Pearson.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harijanto, Muhammad. 2007. “Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar.” Didaktika, Vol.2 No.1, h.216—226.

Mahayana, Maman. S.. 2015. Kitab Kritik Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Massofa. 2009. “Aspek Penilaian dalam KTSP Bag 1 (Aspek Kognitif).” http://massofa.wordpress.com/feed/. Diakses Tanggal 1 Desember 2015

Sarwidi. 2004. Sejarah Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.

Tim. 2017. Buku Pedoman Kurikulum FKIP Unsri 2017-2017. Indralaya: FKIP Universitas Sriwijaya.

Tomlison, Brian (Ed.). 1998. Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.


Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.