MENYIKAPI PENGGUNAAN BAHASA DI FACEBOOK: PEMERKAYAAN ATAU PERUSAKAN BAHASA INDONESIA

Sri Indrawati

Abstract


Abstrak: Penggunaan bahasa Indonesia di dunia internet semakin meluas. Pengguna bahasa Indonesia mengeksploitasi penggunaan unsur-unsur bahasa untuk kemudahan berkomunikasi. Salah satu wadah komunikasi di dunia maya yang sangat digemari oleh pengguna adalah facebook. Facebook diguna oleh pengguna baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Pengguna facebook di dunia internet telah menghasilkan berbagai-bagai variasi leksikal. Tulisan ini bertujuan  untuk mendeskripsikan karaketristik bahasa facebook. Data diperoleh dari penggunaan facebook di radio swasta di Palembang. Dari hasil pengamatan itu terdapat berbagai-bagai variasi penulisan leksikon. Ada yang berupa penyingkatan leksikon dengan cara menghilangkan fonem, menambahkan fonem, menggantikan fonem baru. Yang menarik  adalah    terdapat penggunaan bahasa asing (Inggris) yang bercampur aduk dengan penggunaan bahasa Indonesia. Beberapa kata baru banyak muncul dari penggunaan bahasa di  facebook, seperti pipi (tunangan), sohib (sahabat), unyu (lucu), tepar (capai). Namun demikian, kemunculan kosakata itu dapat menambah khasanah  kosakata bahasa Indonesia dalam pragmatik bahasa.  Kemunculan itu merupakan suatu evolusi bahasa dalam pragmatik bahasa. Bermanipulasi bahasa seperti penggunaan bahasa di facebook perlu disikapi dengan cermat karena  akan berakibat fatal pada perkembangan bahasa Indonesia selanjutnya. Oleh karena  itu, para penyuluh bahasa seperti guru perlu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia agar penggunaan bahasa Indonesia di kalangan pelajar dapat lebih optimal.

Kata kunci: facebook, pemerkayaan, perusakan


Full Text:

PDF

References


Amin, S. 2012. Pembelajaran BI Berbasis Blog. Diperoleh 12 September 2012, dari solehamin.wordpress.com/.

Fathurrokhman. (2009). Pergeseran Bahasa Indonesia di Era Globalisasi dan Implikasi terhadap Pembelajaran. Diperoleh 10 Juli 2009 dari http://fathurrokhmancenter.wordpress.com/2009/08/24/

Harimansyah, G. 2012. Bahasa Indonesia di Dunia Siber: Komunikasi Berperantarakan Komputer-Internet . Diperoleh 12 Mei 2012 dari http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/1267.

Hymes. D. 2003. Models of the Interaction of Language and Social Life. Dalam Sociolinguistic: The Essential Readings. Editors: Christina Bratt Paulston dan G. Richard Tucker. Malden, USA: Blackwell Publishing

Kawira, L.P. 1990. Bahasa Prokem di Jakarta. Dalam Bilingualisme dan Variasi Bahasa. Editor Muhajir dan Basuki Suhardi. Depok: Universitas Indonesia.

Nor Shah Mohamed . 2001. Bah Melayu Dalam Era Teknologi Maklumat. Diperoleh 11 Juni 2001 dari http://zulkiplyharun.com/php/sitemap.php/news-view-17.html.

Permana, P. 2012. Active Learning E-Learning dalam Pembelajaran Menulis. Diperoleh 14 Juni 2012 dari http://pepenpermana.staf.upi.edu/.

Oktarina, S. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis melalui Facebook. Laporan Penelitian. Inderalaya: Universitas Sriwijaya.

Rahardi, R.K. 2006. Dimensi-Dimensi Kebahasaan: Aneka Masalah Bahasa Indonesia Terkini. Jakarta: Erlangga.

Spolsky, B. 2010. Sociolinguistics. Oxford: Oxford University.

Sumarsono dan Patana, P. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: Sabda.

Syukur, Y. 2009 . Facebook Sebelah Surga, Sebelah Neraka. Yogyakarta: Diva Press.

Tanpa Pengarang. 2013. Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa Melalui Pembelajaran yang Mengundang (Global Excellent). Diperoleh 10 Januari dari http://www.globaltexcellent.com/html

Tanpa pengarang. 2012. Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia. Diperoleh 1 Maret 2012 dari https://id-id.facebook.com/permalink.php?story_fbid.


Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.