PROTOTIPE BAHAN AJAR SYAIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL: MODUL DAN CD

Zahra Alwi

Abstract


Makalah  ini  merupakan bagian dari research and development  untuk menghasilkan bahan ajar syair berbasis kearifan lokal untuk MTs kelas IX di kota Palembang dalam bentuk modul dan CD. Masalahnya adalah bagaimanakah prototipe/desain awal produk yang dihasilkan dari hasil  validasi ahli. Prototipe awal dihasilkan dari hasil persepsi dan analisis kebutuhan siswa dan guru dan hasil FGD sesuai teori Bold and Gall. Setelah itu dilakukan perancangan melalui 4 tahap yang disampaikan Jolli & Ballitho. Berdasarkan langkah-langkah yang sudah dilakukan, diperoleh desain awal/protipe modul dan CD bahan ajar syair. Protipe tersebut dilakukan uji validasi, untuk mengetahui kelemahan/kekurangan dan kelebihannya.  Uji validasi dilakukan oleh  ahli kebahasaan, ahli materi, ahli penyajian, dan ahli kegrafikaan, dengan cara mengisi instrumen yang diberikan peneliti. Secara umum hasil validasi para ahli menyatakan bahwa prototipe yang sudah dihasilkan ini dapat ditindaklanjuti untuk uji coba. Tiga ahli memberikan kesimpulan bahwa bahan ajar modul dan CD pembelajaran ini layak untuk uji coba dengan revisi sesuai saran, dan satu ahli menyatakan layak untuk uji coba tanpa revisi. Nilai untuk modul yang diberikan oleh ahli kebahasaan 24, ahli materi 21, ahli penyajian 23, ahli kegrafikaan 21, jumlah 89, nilai rata-rata 4,45 kategori sangat baik. Adapun nilai untuk CD yang diberikan oleh ahli kebahasaan 25, ahli materi 21, ahli penyajian 23, dan ahli kegrafikaan 21, jumlah 90, nilai rata-rata 4,50 kategori sangat baik. Semua catatan dan saran yang diberikan oleh para ahli tersebut diperhatikan dan ditindaklanjuti dengan melakukan revisi terhadap prototipe awal modul dan CD yang dihasilkan dan diperoleh prototipe kedua.

 

Key words: bahan ajar syair,  modul dan compact disc, prototipe, validasi ahli


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. 2013.

Creswell, John W. Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Englewood Cliff, New Jersey: Pearson Merill Prentice Hall. 2014.

Dick, Walter, Lou Carey, dan James O Carey. The Systematic Design of Instruction. Amerika: United State of Amerika. 2005.

Gall, Meedith D, Gall, Joice P. & Borg, Walter. E. Educational Research (Introduction). Seventh Edition. USA: Pearson Education, Inc. 2007.

Liputan6.com, di Palembang, Rabu (17/9/2014), diakses 20 Maret 2015.

Morrison, Gary R., Steven M. Ross, and Jerrold E. Kemp., Designing Effective Instruction, 5th ed. United State of America: John Wiley & Sons Inc. 2007.

Muhaimin M.A. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media. 1996.

Nurhayati, et.al. “Developing aModel for Revitalizing the Traditional Performance of Dulmuluk by the Application of structural and Reader Response Theorie”. Pada seminar “The Ninth International Conference of Environment, Cultural, Economic, and Social Sustainability”, 23—25 Januari 2012, Horishima, Jepang. 2012.

Nurhayati, et.al. Revitalisasi Seni Pertunjukan Dul Muluk. Yogyakarta: Diva Press. 2013.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. 2012.

Sibarani, Robert. Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: ATL. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sumatera Ekspres. “Abdul Muluk Budaya Unggulan Sumatera Selatan”. 11-11-2012.

Tessmer, M. Planing and Conduction Formative Evaluation: Improving The Quality Of Education and Training. London: Philadelphia. 1993.

Tomlinson, Brian. Materials Development in Language Teaching. Comridge: University Press. 2011.

Walter, Dick dan Lou Carey. The Sistematic Design of Instruction. New York: Harper Collins Colledge Publishers, 1996.

Wellek, Rene dan Austin Warren. Teori Kesusastraan, diindonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia. 1990.

Zahra. Norma Estetika dan Setting Alam Dalam Syair Melayu ‘Abdoel Moeloek’. Makalah disajikan pada seminar internasional di UNM Malaysia, 16—17 Juli 2010.

Zahra. “Perception and need analysis of development poem teaching materials based on local wisdom”. Makalah dalam Prosiding 2nd SULE-IC 2016, Faculty of Teaher Trining and Education, Sriwijaya University, Palembang, October 7—8 2016.


Article Metrics

Abstract view : 506 times
PDF - 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.