PEMBUATAN MEDIA BERBASIS KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMA SWASTA DI KOTA PALEMBANG

Ernalida Ernalida

Abstract


Abstrak Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Dengan pelatihan ini diharapkan profesionalitas guru dan kualitas pembelajaran semakin meningkat. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya- jawab, praktik, dan kerja mandiri. Materi yang disampaikan meliputi evaluasi pembelajaran, jenis-jenis dan tingkatan evaluasi, serta media-media yang bisa digunakan untuk evaluasi pembelajaran di kelas. Selain itu, peserta juga diberi pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi bernama Kahoot. Peserta pengabdian adalah guru-guru SMA Swasta yang ada Ilir Barat I Kota Palembang. Pengabdian dilakukan pada tanggal 28 September, 5 Oktober, dan 12 Oktober 2019. Hasil yang didapatkan adalah guru- guru memahami dan mampu membuat evaluasi pembelajaran berbasis Kahoot. Guru-guru yang hadir di pelatihan diharapkan mampu mentransfer pengetahuan yang didapatkan kepada guru yang tidak hadir. Kata kunci: evaluasi pembelajaran, media evaluasi, Kahoot

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Brian Tomlinson. 2011. Materials Development in Language Teaching. Comridge: University Press.

Dick, Walter, Lou Carey, dan James O. Carey. 2006. The Systematic Design of Instruction. Amerika: United State of Amerika.

Desrianty Amrun Lasiki. 2014. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Menyikapi Pengaruh Globalisasi Melalui Media Audio Visual Di Kelas IV SDN 1

Voaa Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”.

Fitriyannisa dan Sonia Mu‟tazimatul Azimah. 2019. Media Pembelajaran Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III.

Juwita Ayu Laksmi, Nursasi HAndayani, Endang Suarsini. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang”

Mufti Mirandra. 2012. "Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III B MI Sananul Ula Piyungan Bantul"

Rafnis. 2019. Pemanfaatan Platform Kahoot seagai Media Pembelajaran Interaktif. E-tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rangga Krisma Putra, Ersanghono Kusumo, Sri Nurhayati. 2013. "Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Dasar Menggunakan Media Audio Visual"

Roedavan, R., 2016. http://id.imedia9.net. [Online] Available at: http://id.imedia9.net/2016/12/cara-membuat-presentasi- KAHOOT.html [Accessed 15 03 2018].

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi StAndart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media. h. 160.

Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D. 2008. Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc.

Sudjana, Nana, dan Ahmad Rivai. 2003. Teknologi Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo. h. 41.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.