Kesalahan Bahasa Indonesia Pada Tajuk Rencana Surat Kabar Kota Medan (Fenomena Bahasa di Ranah Media Cetak)

Desri Wiana

Abstract


Abstrak Penelitian ini berjudul “ Kesalahan Bahasa Indonesia Pada Tajuk Rencana Surat Kabar Kota Medan (Fenomena Bahasa di Ranah Media Cetak)”. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang memaparkan data secara alami dan apa adanya. Hasil penelitian ditemukan kesalahan bahasa Indonesia pada tajuk rencana harian Waspada berjumlah 171 kalimat dan harian SIB berjumlah 189 kalimat. Kesalahan bahasa Indonesia mencakup penulisan huruf kapital, huruf miring, imbuhan, penulisan gabungan kata, partikel pun, singkatan dan akronim, angka dan bilangan, tanda hubung, tanda koma, tanda apostrof, unsur serapan, dan kosa kata baku. Bentuk kesalahan yang paling dominan ditemukan pada tajuk rencana harian Waspada adalah bentuk penulisan singkatan dan akronim yaitu berjumlah 60 (35%) dari keseluruhan jumlah 171 kalimat. Sedangkan bentuk kesalahan yang paling dominan ditemukan pada tajuk rencana harian SIB adalah penulisan tanda baca koma ( , ) yaitu berjumlah 76 (40%) dari keseluruhan jumlah 189 kalimat. Kata Kunci : kesalahan EBI, tajuk rencana.

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal dan Amran Tasai. (2004). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta : Akademika Pressindo.

Chaer, Abdul. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Ejaan Yang Disempurnakan (Kep.Mendikbud No.0543a Th. 1987). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasanah, dkk. (2014). “Analisis Kesalahan Bahasa Dalam Tajuk Rencana Harian Kompas”. Jurnal Publika Budaya.

Moleong, Lexsi. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Jaya.

Finoza, Lamuddin. (2010). Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Wagiati, dkk. (2008). Ketepatan Penggunaan EyD Pada Surat Kabar Daerah di Wilayah Tasikmalaya. Laporan Penelitian. Universitas Padjajaran:Fakultas Sastra.


Article Metrics

Abstract view : 838 times
PDF - 1043 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.