PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Melinda Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode chain writing terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan menggunakan teknik konvensional. Kelas VII.7B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan menggunakan metode chain writing. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t melalui program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata tes awal 63,51 dan kelas kontrol 59,03. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 80,05 dan kelas kontrol 72,96. Dari hasil perhitungan uji-t yang membuktikan bahwa t = 3,772 > 1,998 dengan df = 64 pada tingkat keberhasilan 95% (α = 0,025). Hal ini menunjukan bahwa metode chain writing berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang. Kata Kunci:Pengaruh, Metode Chain Writing, Menulis Teks Narasi hitung >t tabel

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 537 times
PDF - 481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.