PERANAN KAHOOT! TERHADAP PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ayu Wulandari

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses sistematis yang ditempuh untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia secara holistik.sejalan dengan tujuan bangsa Indonesiayang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 dan Batang Tubuh UUD 1945 pada Pasal 28B ayat (1). Namun, peringkat Indonesia dalam bidang pendidikan masih di bawah Singapura, Vietnam, dan Thailand. Salah satu caranya adalah melalui peningkatan kualitas pembelajaran dengan pembaruan pendekatan, pemilihan metode dan media, serta peningkatan relevansi metode mengajar. Pemilihan media ajar haruslah disesuaikan dengan kondisi yang ada dalam lingkungan pembelajaran. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih media ajar, seperti tujuan pembelajaran, metode, memahami karakteristik media dan peserta didik, situasi, dan kondisi. Sebagai seorang pendidik, pemilihan dan penggunaan media pengajaran haruslah mempertimbangkan hal-hal berikut, yaitu: 1) pendidik dapat memperagakan media sesuai dengan pesan yang ingin disampakan; 2) jika media atau objek yang akan diperagakan tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas, maka kelas yang dibawa ke objek tersebut atau membuat tiruannya; dan 3) jika media yang dicari tidak juga didapatkan, maka pendidik dapat mencari atau membuat tiruan dari objek tersebut. Kahoot! merupakan media pembelajaran online yang berisi kuis atau permainan online. Kahoot adalah aplikasi online di mana kuis dapat dikembangkan dan disajikan dalam format “permainan”. Poin diberikan untuk jawaban yang benar dan peserta didik yang berpartisipasi akan segera melihat hasil tanggapan mereka. Untuk membuat game. Kahoot dibutuhkan pengguna untuk masuk ke web Kahoot (http://getkahoot.com). Setelah memiliki akun Kahoot, pengguna dapat menciptakan pertanyaan menggunakan fitur yang tersedia. Kata kunci: Kahoot!, pembelajaran, peserta didik

 


Full Text:

PDF

References


Detiknews. 2 Mei 2019. http://m.detik.com/news/dw/d-4533564/potret-pendidikan-indonesia-di -tengah-perkembangan-teknologi

Dewi, Cahya Kurnia. 2018. Pengembangan alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Iwamoto, Darren H. et al. 2017. Analyzing The Efficacy Of The Testing Effect Using Kahoottm On Stident Performance. Turkish Online Journal Of Distance Education-TOJD. 2017.

Levie dan Lenz. 1982. Media Pembelajaran. (https://www.academia.edu/4585307/Media-Pembelajaran) diakses tanggal 23 September 2019.

Silberman, M. 2007. The Handbook of Experiental Learning. Hobokon: Jhn Wiley and Sons.

Sudjana, Nana dan A. Rivai. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.