KESANTUNAN BERBAHASA ANAK DALAM PERSPEKTIF PEMEROLEHAN BAHASA DAN PERAN SERTA PENDIDIKAN KARAKTER

Nofita Anggraini

Abstract


Salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang seharusnya tidak lepas dari perhatian pendidik pada umumnya dan orang tua pada khususnya adalah perkembangan bahasa atau komunikasi. Pemerolehan bahasa anak tidak hanya menjadi proses atau peristiwa kebahasaan saja, melainkan juga berkaitan dengan lingkungan dan aspek budaya pada masyakarat pendukung bahasa itu. Kemampuan berbahasa anak, sangat ditentukan oleh masa pertumbuhan yang sangat potensial bagi dirinya secara adaptif terhadap lingkungan disekitarnya. Sayangnya hal ini sering tidak dipahami oleh para orang tua, sehingga belum banyak orang tua yang belum memberikan perlakuan khusus pada anak-anaknya dalam hal belajar bahasa. Keterlibatan berbagai pihak termasuk sekolah sangat membantu anak dalam pemenuhan tuntutan pemerolahan bahasanya, yang juga sekaligus mendukung anak dalam belajar budaya misalnya kesantunan berbahasa dan berkarakter. Secara psikologis manfaat positif dari budaya santun berbahasa yang ditanamkan sejak dini pada anak oleh para pendidik, diantaranya memperlancar komunikasi, meningkatkan kecerdasan emosional, dan menumbuhkan rasa percaya diri. Kajian yang penulis lakukan ini berupaya untuk membahas dan mengemukakan kesantunan berbahasa anak ditinjau dari perspektif pemerolehan bahasa dan peran serta pendidikan karakter. kata kunci: kesantunan berbahasa, pemerolehan bahasa, pendidikan karakter

 


Full Text:

PDF

References


Anggraini, N.2015. Hubungan Pola Asuhan Ibu Bapa dan Pemerolehan Bahasa di Tadika Kanak-kanak Bandar Palembang. Disertasi. Malaysia. University Pendidikan Sultan Idris.

Dariyo, Agus. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama (Psikologi Atitama). Jakarta: Refika Aditama.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia.Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

----------------. 2003. Psikolingusitik: Kajian Teoritik. Bandung: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffry. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D.Oka. Jakarta : UI.Press.

Lickona, Thomas. 2013. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kamil. P.Gurniwan. 2015. Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Sosiologi. Jurnal Jurnal Tingkap. Vol. XI, No. 1,Th. 2015 (hlm.54-66).

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2010. Pendidikan karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.

Maraat, S. (2001). Perkembangan Bahasa Seorang Anak Dalam Bunga Rampai Psikologi Perkembangan Pribadi dari Bayi sampai Lanjut Usia. Depok: UI.Press.

Muslich, Masnur. 2006. “Kesantunan Berbahasa Indonesia sebagai Pembentuk Kepribadian Bangsa”. Dalam http://researchengines.com , diunduh pada tanggal 14 Februari 2015.

Nugroho, M. 2013. Kesantunan Berbahasa Anak Dalam Budaya Jawa: Bagaimana Keadaan Sekarang ?. Prosiding. Seminar Nasional, Bahasa Dalam Dimensi Kemasyarakatan dan Kebudayaan. LIPI. 10 Desember 2013. (373—385).

Samani, A. dan Harianto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sulatri, Hari. 2009. Faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa dan Perkembangan Kosakata Balita. Metalingua, Vol. 7, No.1, Juni 2009, (42-46). Bandung.

Su'ud, Abu dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Semarang : IKIP PGRI Semarang Press

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam sindikker.dikti.go.id , diunduh pada tanggal 10 April 2015.

Wening, Sri. 2012. Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012 (hlm.55-66)

Wijana, Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Yule, G. (2015). Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulkifli.2001. Psikologi Perkembangan. Cetakan kedelapan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1077 times
PDF - 2159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.